Header Ads

Apa itu SEO ?

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah proses/prosedur yang membuat website anda mendapatkan banyak trafic. ketika anda mengetikkan suatu kata ke dalam mesin pencari google atau mesin pencari lainnya, maka akan ada banyak sekali daftar website yang mengandung kata kunci tersebut , bukan cuma satu halaman , akan tetapi banyak halaman.

SEO adalah saling berhunungan satu dengan yang lain
Secara umum, meskipun banyak sekali halaman yang ditampilkan, namun yang pertama dan sering di pilih untuk di klik adalah pada halaman pertama mesin pencarian.

Screenshot_110
contoh cari kata kunci di mesin pencari Google
SEO pada dasarnya adalah membuat website anda berada pada urutan bagus di mesin pencari, biasanya di halaman pertama, jika website/blog anda berada diurutan yang bagus, maka otomatis akan banyak klik, dan jika banyak klik, maka akan banyak trafik, dan kalo sudah banyak trafik, maka keuntungan juga semakin banyak.

Konsep dasar SEO

Google (dan mesin pencari lain) adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka.

Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Terbaik dalam segi apa ?
1.Konten yang disajikan
2.Struktur dan navigasi
3.Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
4.Popularitas

SEO terdiri dari 2 kategori, Yaitu,

SEO On Page, dan
SEO Off Page
Basicly, SEO On Page adalah prosedur/cara mendapatkan banyak trafic dngan melakukan konfigurasi dan pengaturan yang berhubungan dengan design website yang dimiliki, kemudahan akses website, letak layout/tampilan website, dan kemudahan dalam membaca konten website. Mesin pencari seperti Google sangat meyukai website yang mempunyai kemudahan akses dan konten yang menarik/tertata rapi dan mudah dibaca, sehingga SEO On Page sangat penting dalam penerapannya, SEO On Page ini akan saya bahas lebih lanjut.

Sedangkan Off Page SEO adalah serangkaian proses yang di lakukan untuk mendapatkan banyak trafik dengan melakukan semua hal di luar website anda, yaitu berupa penerapan Backlink/Link balik website dari luar yang mengarah ke website anda. Dengan melakukan SEO Off Page, diharapkan website anda akan mendapatkan trafik yang banyak dari luar, sehinga website anda akan semakin populer dalam mesin pencari seperti Google dan lainnya.

2 Kategori SEO ini akan saya bahas di posting selanjutnya.

No comments

Powered by Blogger.